PANGKALAN SMK DARUL MA'WA PLUMPANG-TUBAN
GUGUSDEPAN 13.23.18.141 - 13.23.18.142
E-Mail : prakadarmaplumpang@gmail.com
Instagram : prakadarma

SKU Penggalang Ramu

Pengantar

SKU sebagai alat pendidikan didalamnya pada dasarnya mencakup aspek area pengembangan,  kompetensi dan materi sebagai bagian untuk mencapai tujuan pendidikan Gerakan Pramuka. SKU sebagai sebuah acuan pendidikan kepramukaan atau kurikulum pendidikan dalam implementasinya membutuhkan peran dan tanggungjawab pembina yang sangat besar. Oleh sebab itu para pembina dituntut untuk mampu mengembangkan berbagai kegiatan kreatif, rekreatif, inovatif dan edukatif dalam membimbing dan menguji para peserta didik sesuai dengan acuan yang ditetapkan.
Acuan materi SKU Penggalang Ramu, adalah sbb :


PENGEM-
BANGAN
STANDARD KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI SKU
PENCAPAIAN PENGISIAN SKU



SPIRI-
TUAL






Taat beribadah
sesuai agama dan kepercaya-annya dan mampu hidup
rukun dalam keberagaman tanpa adanya
diskriminasi.



Dapat melaksanakan
ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan
atas kemauan sendiri dan mengetahui adanya
perbedaan keyakinan

1. Selalu taat menjalan-kan ibadah agamanya secara pribadi atau-pun berjamaah

a.     Pemberian penugasan pengamatan kepada Orang Tua, akan kebiasaan putera/ puterinya menjalankan ibadah di rumah
b.    Tahu sebutan nama pe-mimpin umat dari setiap golongan agama

2. Dapat mengetahui dan menjelaskan hari - hari besar agama di Indonesia.
a.     Menyebutkan Hari libur Nasional ke-agamaan di Indonesia, sesuai golongan agamanya
b.    Menyebutkan Hari keaga-maan nasional di Indo- nesia, sesuai golongan agamanya
3. Dapat menyebutkan agama-agama yang ada di Indonesia serta nama tempat ibadahnya.
a.     Dapat menggambarkan lambang/ikon dari setiap agama di Indonesia
b.    Dapat menyebutkan waktu pelaksanaan ibadah dari masing- masing golongan agama
4. a.  Agama Islam

1) Dapat melakukan mandi   wajib dan mengerti penyebabnya; 
2) Dapat melakukan sholat berjamaah;
3) Dapat menghafal 5 (lima) macam doa harian dan hafal 5 (lima) surat -surat pendek.
     
    Untuk pengisian pen-capaian mata SKU Keagamaan ini,
    Diusul-kan untuk dilakukan oleh Pempimpin Umat dari
    golongan agamanya masing-masing.


    4. b Agama Katolik

    1) Dapat berdoa Rosario, dan tahu artinya;
    2) Mengikuti Perayaan Ekaristi hari minggu dan menjadi putera/ puteri altar ;
    3) Dapat menyanyikan tiga buah lagu gerejani;









    4. c  Agama Protestan

    1) Dapat menyanyikan beberapa nyanyian Gereja;
    2) Dapat menceritakan dua hikayat dari Alkitab;
    3) Dapat melakukan doa sederhana pada kesempatan tertentu;
    4) Dapat menyebutkan hari-hari Raya Kristiani.




    a.    Dapat menyanyikan 3 buah lagu Gereja di depan regunya
    b.    apat menceritakan duahikayat dari Alkitab, 1 dalam Alkitab perjanjian baru dan 1 perjanjian lama
    c.    Dapat berdoa secara sederhana di depan regunya
    d.    Dapat menyebutkan hari-hari Kristiani
    4. d  Agama Hindu

    1) Dapat melafalkan dan mengerti arti dari bait masing masing mantram puja Tri Sandhya dan melaksanakannya / praktik dalam kehi-dupan sehari hari.
    2) Dapat menyebutkan nama-nama para Maha Rsi penerima Wahyu.
    3) Dapat menyebutkan nama-nama pura dalam cakupan Sad Kahyangan;
    4) Dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam epos cerita Mahabha-rata dan Ramayana;
    5) Dapat menguraikan arti dan makna kata Tatwamasi.
    6) Dapat menguraikan dan menjelaskan fase kehidupan dalam ajaran Catur Asrama.
    7) Dapat mempraktikkan lebih dari satu gerakan Yoga Asanas























    4.e Agama Budha

    1)       Dapat men-jelaskan arti/mak-na symbol yang terdapat di Altar Bud-dha;
    2)       Dapat menyanyi- kan lagu Panca-sila Buddhis;
    3)       Dapat melakukan dana paramita











    EMOSI-ONAL

    Dapat mengelola
    emosi dan
    perasaan
    nya untuk
    kestabilan dirinya dan dapat mengelola
    emosi

    Mengenal dan menerima
    berbagai perasaan serta
    emosi dan mengenal dan menerima
    emosi
    5. Dapat Menjelaskan tentang Emosi
    a.     Dapat menjelaskan macam-macam Emosi di depan regunya
    b.    Dapat menjelaskan penyebab emosi didepan regunya
    c.     Dapat memahami pendapat orang lain dalam pertemuan regu
    6. Dapat menyampa-ikan pendapat dengan baik dalam suatu pertemuan Pasukan Penggalang.
    Dapat menyampaikan
    pendapat dengan benar dalam suatu pertemuan pasukan



    SOSIAL



    Mampu menerima dan
    mendorong orang lain untuk menaati norma-norma dan nilai-nilai yang berada di masya
    rakat lingkung- anya.



    Menerima dan mematuhi peraturan yang di
    ciptakan masyarakat
    dengan rasa tanggung jawab.
    7. Dapat mengetahui dan menjelaskan manfaat dari penghi-jauan
    a.    Dapat menyebutkan minimal 5 manfaat penghijauan
    b.    Dapat menyebutkan fungsi dan manfaat dari Pohon dan tetumbuhan
    8. Dapat mengetahui dan memahami tentang hak perlin-dungan anak.

    Telah mengetahui dan
    memahami tentang hak
    perlindungan anak
    9. Ikut serta dalam kegiatan erkemahan Penggalang minimal 2 hari, sesuai dengan standar perkemahan
    a.    Dapat menunjukan bukti fisik ikut serta perkemahan di gugus depannya atau kwartir
    b.    Membuat laporan mengikuti perkemahan
    10. Dapat menyebutkan tanda- tanda penge-nal Gerakan Pramu-ka sesuai dengan golongan dan tingkatannya
    a.    Dapat menyebutkan tanda-tanda pengenal umum dalam Gerak- an Pramuka
    b.    Dapat menunjukkan penempatan tanda-tanda pengenal pada baju seragam Pramuka sesuai golongannya

    11. Mengetahui nama ketua RT hingga Lurah, Camat dan tokoh masyarakat atau setingkatnya di tempat tinggalnya.

    a.    Dapat menyebut nama dan alamat tinggal pejabat RT hingga Lurah yang dibuktikan dengan tanda tangan dan stempel
    b.    Dapat menyebutkan tokoh masyarakat ditempat tinggalnya
    12. Dapat mengetahui dan menyebutkan Kode Kehormatan Pramuka Penggalang
    a.     Dapat menuliskan Tri Satya golongan Penggalang pada secarik kertas.
    b.    Dapat menunjukkan sikap yang benar pada saat pengucapan Tri Satya
    c.     Dapat menuliskan Dasa Darma Pramuka pada secarik kertas
    13.Rajin dan giat mengikuti latihan pasukan Penggalang sekurang-kurangnya 8 kali latihan berturut-turut

    Rajin dan giat mengikuti latihan pasukan Penggalang sekurang-kurangnya 8 kali latihan berturut-turut
    14.Tahu tentang :
    a.  Salam Pramuka
    b.  Motto
    c. arti Lambang Gerakan Pramuka.
    a.     Dapat menyebutkan: kepada siapa saja pemberian Salam/hormat Pramuka
    b.    Dapat menyebutkan Motto Gerak
    c.     Tahu Pencipta Lambang Gerakan Pramukaan Pramuka

    15. Dapat menjelaskan sejarah dan kiasan warna serta cara menggunakan bendera merah putih
    a.    Tahu macam-macam ukuran dan penempatan kegunaan bendera merah putih
    b.    Tahu cara menaikkan danMenurunkan bendera 1/2tiang
    c.    Tahu waktu pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih
    d.    Tahu kapan pertama kali bendera Merah Putih dikibarkan.
    16. Dapat menjelaskan dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan sikap yang benar serta dapat menyanyikan 2 lagu wajib Nasional dan 1 lagu daerah nusantara
    a.     Dapat menuliskan Lagu Indonesia Raya bait 1 pada selembar kertas
    b.    Tahu pencipta Lagu Indonesia Raya dan tahun ciptaanya
    c.     Pernah menyanyikan Lagu Indonesia Raya di depan Pasukan Penggalang pada waktu Upacara Bendera
    d.    Dapat menyanyikan 2 lagu wajib Nasional dan 1 lagu daerah nusantara
    17. Dapat menjelaskan tentang lambing Negara RI
    a.    Dapat menyebutkan dimana saja penggunaan lambing Indonesia
    b.    Tahu lambang-lambang 5 (lima) dasar Pancasila
    c.    Tahu penempatan lambang- lambang tersebut pada perisai Burung Garuda
    18. Dapat enggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar

    Pemberian penugasan
    pengamatan kepada Orang Tua, akan kebiasaan putera/ puterinya di rumah
    dalam menggunakan Bahasa Indonesia
    19. Telah menabung secara rutin dan setia membayar uang iuran untuk regunya yang diperoleh dari usahanya sendiri
    a.     Memiliki Buku Tabungan Individu maupun Regu
    b.    Dapat menjelaskan fungsi menabung      


    INTELEK-
    TUAL


    Mampu
    Menganalisis situasi dan
    menyikapi
    nya serta mengaplika
    sikan iptek, dan
    keterampilan kepramuka
    an secara kreatif dan inovatif.



    Memahami pentingnya
    perkembangan iptek, dan ketrampilan kepramukaan

    20. Dapat menyebut-kan dan menjelas-kan manfaat sedikitnya 2 jenis alat teknologi informasi modern
    Dapat menyebutkan peralatan yang masuk kategori teknologi modern dan manfaatnya contoh Komputer dan telpon seluler

    21. Dapat mengenal dan memilah sampah
    a.    Dapat memilah golongan sampah basah dan kering
    b.    Dapat menyebutkan 3 langkah pengelolaan sampah di rumah tangga
    c.    Dapat menyebutkan sampah organik mudah busuk
    d.    Dapat menyebutkan sampah anorganik tidak mudah busuk
    22. Dapat menjelaskan teknik penjernihan air
    a.     Dapat menyebutkan 3 macam jenis penjernihan air
    b.    Dapat menyebutkan minimal 5 Teknik Penyaringan air
    23. Dapat membuat dan menggunakan simpul mati, simpul hidup, simpul anyam, simpul tiang, simpul pangkal dan dapat menyusuk tali, membuat ikatan serta menyambung dua tongkat
    a.     Dapat membuat simpul-simpul
    b.    Dapat mengikat 3 (tiga) batang tongkat pramuka menjadi satu bagian
    c.     Dapat menyambung 2 (dua) utas tali sesuai dengan fungsi dan gunanya
    d.    Dapat menjelaskan fungsi dari masing-masing simpul
    e.    Dapat menyebutkan jumlah ikatan yang diketahui
    24. Dapat menjelaskan kompas, menaksir tinggi dan lebar
    a.  Dapat menyebut 16 arah mata angin dan besaran derajatnya dengan kompas
    b. Tahu dan dapat menyebut jenis-jenis kompas
    c.  Dapat menjelaskan alasan Jarum magnet kompas selalu ke arah Utara
    d. Dapat melakukan kegiat-an menaksir tinggi pohon dan  lebar sungai
    e. Dapat menunjukkan arah mata angin tanpa menggunakan kompas
    25. Mengenal macam-macam sandi, isyarat morse dan semaphore
    a.  Dapat menyebutkan macam-macam sandi
    b. Dapat menunjukkan perbedaan bendera semaphore dan Morse
    c.  Tahu ukuran bendera sempahore dan morse
    d. Dapat menunjukkan sikapyang benar ketika engirim dan menerima berita



    FISIK




    Mampu
    Menjelaskan
    perbedaan antara per-
    tumbuhan dan
    perkembangan tubuh (fisik dan psikis), termasuk
    kesehatan
    lingkungan.




    Memiliki pengetahuan
    membentuk tubuh yang kuat, menjaga kesehatan pribadi dan
    lingkungannya serta menge-tahui erubahan
    yang terjadi pada perkem- bangan fisik
    maupun psikisnya.

    26. Selalu berpakaian rapih, memelihara, kesehatan dan kebersihan diri serta lingkungan-nya.
    a.    Selalu menggunakan seragam Pramuka yang bersih dan rapih serta sesuai dengan peraturannya
    b.    Pernah memelihara kesehatan dan kebersihan lingkungannya
    c.    Selalu menjaga ebersihan dan kesehatan diri
    27. Dapat baris-berbaris
    a.      Dapat melakukan gerakan aba-aba ditempat dengan baik dan benar: siap,  istirahat ditempat, hadap kanan, d)hadap kiri, balik kanan,  lencang depan, lencang kanan.
    b.     Dapat melakukan perintah aba-aba maju jalan, berhenti, Dll
    c.      Dapat melakukan baris- berbaris dengan membawa tongkat
    28. Dapat menjelaskan sedikitnya 3 cabang olahraga dan dapat melakukan 2 jenis cabang olah raga, salah satunya olahraga Renang

    a.    Dapat menyebutkan pembagian macam/jenis olah raga
    b.   Dapat menyebutkan cabang olahraga modern
    9. Mengetahui adanya perbedaan perkembangan fisik tubuh


    Mengenal ciri-ciri dasar
    fisik, seperti: a. Bentuk
    badan ; b. Bentuk muka
    c. Ukuran tubuh ; d. ben-tuk kaki

    Sikap membuka diri
    terhadap satu sama lain merupakan sikap : a. Si-kap eksklusif ; b. Sikap
    terbuka c. Sikap optimis ; d. Sikap inklusif
    30. Selalu melakukan aktifitas fisik tiap hari sedikitnya 30 menit
    Rajin melakukan aktifitas
    fisik tiap hari sedikitnya 30 menit dan dapat
    menunjukan buktinya

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Postingan Populer

    Pengunjung

    Pengikut