PANGKALAN SMK DARUL MA'WA PLUMPANG-TUBAN
GUGUSDEPAN 13.23.18.141 - 13.23.18.142
E-Mail : prakadarmaplumpang@gmail.com
Instagram : prakadarma

Pengertian Sangga dan Macam-macam Sangga

A. Pengertian Sangga


Sangga adalah sebutan tanda pasukan di pramuka tingkat penegak. yang terdiri dari 5 sangga yaitu :
1. Perintis
2. Pencoba
3. Penegas
4. Pendobrak
5. Pelaksana
     Sangga sendiri adalah satuan terkecil dalam penegak yang berarti gubuk aau rumah kecil di sawah atau saung. dengan itu diharapkan segenap anggota sangga mengedepankan nilai-nilai kekeluargaan dan musyawarah dalam mengambil keputusan termasuk dalam menentukan nama dan tanda sangga.
     Sangga dipimpin salah seorang penegak yang disebut pimpinan sangga atau Pinsa. Setiap 4 sangga dihimpun dalam sebuah ambalan. Ambalan dipimpin oleh seorang ketua yang disebut Pradana, seorang sekretaris yang disebut Kerani, seorang bendahara yang disebut Hartaka, dan seorang Pemangku Adat. Setiap Ambalan mempunyai nama yang bermacam-macam, bisa nama pahlawan, tokoh pewayangan dan lain sebagainya yang disesuaikan dengan karakter ambalan tersebut. Contoh nama Ambalan SMK DARUL MA'WA PLUMPANG adalah " Abimanyu " untuk ambalan laki-laki, " Dewi Utari " untuk ambalan perempuan.

B. Macam-macam Sangga

1. Sangga Perintis
Didirikan pada tanggal 20 Mei 1908 ( bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional ) yaitu saat dimana bangsa indonesia masih dalam masa penjajahan dan bangsa indonesia mulai merintis dan menyatukan kekuatan untuk berjuang untuk melawan para penjajah.

Hiasan Warna : Merah, Putih, Kuning dan Hitam. 
Hiasan Gambar : Keris yang dilingkari oleh rantai.

Tugasnya yaitu Mengeluarkan ide-ide atau mengandung pengertian perintisan atau pelopor dalam kebaikan.

2. Sangga Pencoba
Nama sangga pencoba diambil dari peristiwa berdirinya Boedi Oetomo pada 20 Mei tahun 1908. Pada tanggal ini telah terjadi peristiwa Kebangkitan nasional dimana bangkitnya semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui oranisasi nasional yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan 300 tahun sebelumnya. NB : Dalam teori atau materi lain menerangkan bahwa sangga pencoba, diambil untuk mengenang sejarah kelam terjadinya pengkhiatan G30S/PKI , dimana terjadi upaya mengganti palsafah hidup NKRI dari pancasila menjadi Komunis.

Hiasan Warna : Merah, Hitam, Putih.
Hiasan Gambar : Kaos, Jangka, Kamera dan Penggaris.

Tugasnya yaitu Merealisasikan atau mencoba ide-ide dari Sangga Perintis atau mengandung pengertian keberanian mencoba segala sesuatu yang positif.

3. Sangga Pendobrak
Didirikan pada tanggal 17 Agustus 1945 (bertepatan dengan Hari Proklamsi Kemerdekaan Indonesia) nama pendobrak diambil untuk mengingat kita akan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang baik dengan kekuatan fisik maupun yang telah memproklamasikan kemerdekaan indonesia  karena berkat perjuangan para pahlawan inilah kita bisa menikmati kemerdekaan hingga saat ini.

Hiasan Warna : Merah, Kuning, Hitam.
Hiasan Gambar :Rumput yang didikat lalu didobrak atau ditusuk oleh tombak.

Tugasnya yaitu memecahkan masalah yang muncul atau mengandung pengertian keberanian mengemukakan kebenaran dan melawan kemungkaran.
Pendobrak mengandung kiasan keberanian dalam mengemukakan kebenaran melawan kemungkaran.

4. Sangga Penegas
Didirikan pada tanggal 11 Maret 1965 ( bertepatan dengan Hari SUPERSEMAR atau Surat Perintah 11 Maret ).

Hiasan Warna : Hitam, Kuning dan Putih.
Hiasan Gambar : Palu Atau Martil.

Tugasnya yaitu menegaskan ide-ide dari sangga perintis atau mengandung pengertian kemampuan mengambil keputusan yang arif dan bijaksana.

5. Sangga Pelaksana
Sangga pelaksana mengingatkan kita pada peristiwa setelah tahun 1945 hingga sekarang, saat Indonesia masuk pada masa pembangunan, sangga ini juga mengingatkan kita untuk mengisi kemerdekaan agar perjuangan para pahlawan tidak sia-sia.

Hiasan Warna : Hijau, Putih, Hitam dan Kuning.
Hiasan Gambar : Palu atau Martil, Rencong yang diikat dengan Wadahnya.

Tugasnya yaitu melaksanakan ide-ide yang telah disepakati oleh seluruh sangga atau mengandung pengertian keberanian melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.
Share:

2 komentar:

  1. Hidup pramuka Penegak. Tetap kibarkan semangat patriotik mu demi negeri tercinta.

    BalasHapus

Postingan Populer

Pengunjung

Pengikut